Langsung ke konten utama

Taman Bunga Nusantara Puncak Jawa Barat

TAMAN BUNGA NUSANTARA
Maskot Taman Bunga Nusantara


Berlokasi di Jalan Mariwati KM 7 - Desa Kawungluwuk Kecamatan Sukaresmi - Cianjur, Jawa Barat.

Merupakan taman yang memiliki luas lahan mencapai50.000 m2. Memiliki fungsi bukan hanya sebagai taman tapi bisa menjadi tempat untuk acara seperti seminar, pameran dan pernikahan. Beberapa fasilitas taman yang ada di Taman Bunga Nusantara, diantaranya :

1. Taman Air
Tanaman - tanaman di sini beradaptasi terhadap lingkungannya yang berair dengan dua cara.  Secara vertikal seperti bunga berwarna ungu Ini adalah Kana Air atau Thalia Dealbata (talia delbata) yang merupakan tanaman asli dari Amerika Serikat bagian tenggara.  Atau secara horizontal seperti Lotus atau Nelumbo Nucifera di tengah kolam.  Bunga yang cantik ini berasal dari Asia Timur dan Australia bagian Timur laut.  Kami juga menanam Cyperus Papyrus terletak di bagian depan dan belakang kolam dengan batangnya yang berwarna hijau tua serta daun yang menyerupai rambut menjurai.  Tanaman yang berasal dari Mesir ini digunakan oleh bangsa tersebut sebagai sumber pembuat kertas pertama di dunia sejak tahun 2750 SM.

Di sini juga menanam Teratai Raksasa atau Victoria Amazonica yang berasal dari Amerika Selatan.  Tanaman ini dapat segera dikenali melalui daunnya yang berbentuk nampan.  Bunganya hanya muncul di pagi hari atau menjelang  petang.  Juga kami miliki Giant Arum atau Typonodorum Lindleyanum yang dengan mudah dikenali karena bentuknya yang menyerupai pohon pisang berasal dari Amerika Selatan.


2. Taman Perancis

Pada abad ke 17 di daratan Eropa terbentuk suatu tren taman yang tidak mengedepankan bunga sebagai unsur utamanya.  Banyak taman yang mengedepankan kerapihan, keserasian, dan keseimbangan bentuk.

Desain taman Perancis merupakan desain masa Renaissance dengan bentuk-bentuk geometrisnya.  Perdu Taiwan  Beauty yang dipangkas rapi membingkai bunga warna-warni ini disebut parterre yang berasal dari frase bahasa Perancis, yaitu broderie de par terre atau "sulaman di atas tanah".

Gaya taman seperti ini mencapai puncak ketenarannya pada masa kekuasaan Kaisar Louis XIV di abad ke-17.  Jenis tanaman hanyalah merupakan unsur kedua setelah penentuan bentuk/desain taman.  Taman ini diciptakan untuk melambangkan penguasaan manusia terhadap alam.  Keindahan Taman Perancis dapat dinikmati dari dekat maupun dari kejauhan.  Untuk melihat bentuk-bentuk geometrisnya secara keseluruhan dapat melihatnya di atas Menara Pandang.

3. Taman Rahasia (Labirynth)

Di Taman Bunga Nusantara ini menampilkan Maze Garden dengan pola Renaissance dengan tetap mengedepankan makna awal keberhasilan Theseus merebut Adriane di jalan tak berujung.  Oleh karena itu, setelah selesai mengitari luasnya jalan tak berujung , menampilkan tatanan taman dan tanaman yang indah di tengahnya sebagai suatu bentuk apresiasi atas keberhasilan melewati taman ini.
Untuk dapat melihat keunikan tatanan taman dan tanaman dengan pangkasan yang rapih serta paduan warna bunga yang indah di atas Menara Pandang.
Takut tersesat di taman ini?  Jangan khawatir, Pihak Taman Bunga Nusantara menyediakan peta untuk memandu menyusuri Taman Rahasia dengan harga Rp 1.000,-

Dan ada beberapa taman - taman lain yang dapat dikunjungi disana. Bukan hanya untuk tempat bermain, tetapi juga bisa sebagai tempat untuk berfoto - foto ataupun melakukan Sesi Photo Pre Wedding (Tentunya dengan syarat dan ketentuan yang berlaku).

Tapi ingat ya kawan, kita perlu menjaga juga keasrian dan keindahan taman dengan selalu mengikuti peraturan yang berlaku seperti tidak memetik, menginjak ataupun merusak taman dan lingkungan disana..



Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Scientia Square Park Gading Serpong Tangerang

SQP (Scientia Square Park) Pada tanggal 30 Juni 2014 lalu, PT Summarecon Agung Tbk resmi  meluncurkan produk terbarunya Scientia Square Park (SQP) yang berlokasi di Scientia Garden Summarecon Serpong. 

Tebing Keraton Bandung Jawa Barat

Jalan-Jalan Ke Tebing Keraton Di Dago, Bandung Tebing Keraton atau Tebing Karaton merupakan sebuah tebing yang berada di dalam kawasan Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda. Tebing ini terletak di Kampung Ciharegem Puncak, Desa Ciburial, Bandung, Jawa Barat, Indonesia. Dari Tebing Keraton dapat menikmati pemandangan spektakuler. Bukan lampu kota, melainkan hutan!

Outbond at Cikole Bandung Jawa Barat

Outbond Cikole Bandung 15 Desember 2015